roster beton

BENTUK DAN FUNGSI ROSTER BETON

ROSTER BETON INILAH BENTUK DAN FUNGSINYA DALAM RUMAH

Berbagai hunian baru terus berkembang pesat di Indonesia. Hal ini akan memberi nuansa baru dari perancangan bangunan tersebut. Terlebih Indonesia memiliki iklim tropis, sehingga desain rumah dapat menyesuaikan dengan iklim tersebut. Semua hunian tentunya ingin memiliki fasad yang menarik, salah satu solusinya adalah dengan penggunaan roster beton. Penggunaan roster beton sangat cocok di Indonesia, karena dapat memperlancar sirkulasi udara dan meluasnya pencahayaan alami ke dalam rumah.

Apa itu Roster Beton?

Roster beton atau lubang angin beton adalah sebuah blok ventilasi (concrete block) yang terbuat dari beton, karena terbuat dari beton pastinya lebih kokoh dibanding jenis-jenis ventilasi lainnya seperti roster kayu, roster GRC, roster tanah liat dan jenis lainnya. Di era sekarang, berbagai hunian modern di Indonesia tertarik untuk memasang roster beton sebagai fasad rumah atau roster minimalis teras rumah sehingga terkesan simpel dan banyak fungsi.

Roster beton inilah bentuk dan fungsinya dalam rumah:

  1. Roster beton berfungsi sebagai pagar
roster beton berfungsr sebagai pagar

Untuk yang satu ini mungkin Anda sudah familiar, sebab dari dulu roster beton yang difungsikan sebagai dinding pagar sudah sering dilihat dan aplikasikan dibanyak hunian. Sehingga fungsi roster beton sebagai dinding pagar bukanlah hal yang asing bagi kita.

  1. Fungsi Ekterior
roster beton berfungsr sebagai eksterior

Dengan mengadaptasi roster beton ke rumah anda, tentunya akan memberi kesan indah bagi tamu dan pemilik rumah juga. Namun struktur ini tidak cocok untuk fungsi struktur bangunan.

  1. Fungsi Dekorasi Interior
roster beton berfungsr sebagai dekorasi interior

Selain memilki fungsi eksterior yang dapat mempercantik bangunan dari luar, roster beton juga dapat mempercantik bangunan dari dalam. Saat ini banyak rumah yang mengaplikasikan roster beton sebagai taman di dalam rumah dan mengubahnya menjadi perabot di rumah anda.

  1. Fungsi Alternatif Dinding Bangunan
roster beton berfungsr sebagai dinding bangunan

Di indonesia, dinding bangunan umumnya terdiri dari batu bata dan plesteran. Namun hal tersebut dapat dimodifikasi dengan memasang teras samping depan roster beton sebagi penggantinya. Hal ini akan menambah nilai estetik pada bangunan tersebut.

  1. Roster beton berfungsi sebagai furniture

Saat ini fungsi roster beton sudah dipakai sebagai furnture. Jika Anda belum mengaplikasikan roster beton sebagai perabot, sekarang Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

roster beton berfungsr sebagai funiture

Anda bisa memakai roster beton yang tersisa dari bahan bangunan, kemudian berimajinasi dan wujudkan imajinasi Anda tersebut dalam bentuk merubah roster beton menjadi sebuah perabot rumah yang unik, artistik dan menarik.

Anda bisa merakit roster beton tersebut sebagai laci atau sekedar elemen dekorasi yang nampang dalam ruang rumah Anda. Jangan lupa poles dengan sedikit nilai seni sehingga perabot dari roster beton tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berada di dalam ruangan di mana roster beton itu Anda tempatkan.

  1. Roster beton sebagai fasad depan bangunan

Aplikasi roster beton bisa sebagai fasade depan bangunan terutama pada gedung-gedung bertingkat.

roster beton berfungsr sebagai fasad depan bangunan

Kehadiran roster beton ini akan mempercantik tampilan bangunan sekaligus memberi nilai seni yang unik dan cantik. Kesan glamor dan elegan bangunan pun akan tampak dari diaplikasi roster beton sebuah bangunan.

  1. Roster beton berfungsi sebagai pot bunga

Roster beton sisa yang tidak digunakan segera akan hilang ketika Anda berpikir sisa roster beton tersebut akan digunakan sebagai materi menanam bunga. Anda bisa memanfaatkan sisa roster beton tersebut sebagai pot atau bahkan vas bunga dalam sebuah ruangan.

roster beton berfungsr sebagai pot bunga

Tentu saja Anda membutuhkan sedikit kreativitas sehingga roster beton tersebut akan terlihat lebih anggun dan cantik. Sentuhan warna yang beraneka ragam akan menciptakan kesan tersendiri pada ruang atau daerah dimana roster beton yang Anda fungsikan sebagai pot bunga itu Anda letakkan.

  1. Roster beton berfungsi sebagai meja bangku outdoor

Kreativitas dan sentuhan seni Anda bisa disalurkan melalui roster beton dengan menciptakan sebuah tempat duduk unik di taman atau di teras rumah. Karakter natural juga berpengaruh dan sangat cocok roster beton ini sebagai meja bangku tempat bersantai dengan keluarga atau tamu baik di teras maupun di dalam taman.

roster beton berfungsr sebagai bangku outdoor

Anda bisa memberi warna sesuai dengan kesukaan Anda dan memberinya suplemen bantal dan juga ganjalan yang empuk untuk mempermanis tampilan meja bangku tersebut.

  1. Roster beton sebagai tungku penghangat

Terkadang Anda membutuhkan suasana yang hangat. Kehangatan suasana tersebut salah satunya sanggup Anda buat dengan menciptakan atau menyalakan api dalam sebuah tungku. Jika Anda merasa kesulitan mencari tungku penghangat, Anda bisa memakai roster beton dengan dilakukan penataan selayaknya sebuah tungku.

roster beton berfungsr sebagai tungku penghangat

Letakkan kayu atau apa saja di dalam tungku roster beton tersebut dan nyalakan, untuk kemudian nikmati kehangatan bara apinya. Anda dapat membuat lubang kemudian memasukkan sampah atau kayu di dalam lubang dan membakarnya.

Beberapa fungsi roster beton bisa membuka cakrawala kita bahwa roster beton yang memiliki aneka ragam bentuk dapat difungsikan untuk beragam keperluan. Roster beton inilah bentuk dan fungsinya dalam rumah, yang perlu Anda ketahui untuk menemukan satu yang memenuhi gaya desain selera Anda, diharapkan dapat memberi Anda banyak inspirasi. Semoga berbagai inspirasi di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin menikmati suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *