MENJADIKAN INTERIOR RUMAH ANDA FUNGSIONAL & NYAMAN

Untuk semua yang terobsesi dengan desain interior, halaman ini memuat artikel yang didedikasikan untuk membuat Anda lebih terinformasi dan terdidik tentang desain interior. Furnitur harus terus menyenangkan mata Anda untuk generasi mendatang dan mendapatkan nilai, bukan sebaliknya. Konten dari halaman ini saran-saran para ahli tentang cara membuat interior fungsional dan nyaman.

interior kamar tidur fungsional dan nyaman

Rumah ideal Anda bukanlah ruang pamer furnitur yang indah dan tidak bernyawa, tetapi ruang nyaman yang harus Anda nikmati untuk menghabiskan waktu. Anda tidak hanya perlu merencanakan penampilan rumah tetapi juga denah fungsional. Apa yang akan Anda lakukan di setiap ruangan dan seberapa penting setiap tindakan bagi Anda? Anda perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan dan gaya hidup Anda sendiri.

Interior yang nyaman sama dengan orang yang sehat dan bahagia.

Penting untuk selalu diingat bahwa desain dan fungsionalitas adalah konsep yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Kombinasi yang terampil dari ini bukanlah obat mujarab karena desain interior didasarkan pada pemahaman tentang tindakan Anda dan rutinitas sehari-hari yang terjadi di dalam ruangan.

interior kamar tidur fungsional dan nyaman

Apa fungsi interior?

Interior fungsional adalah ruang tempat Anda dapat melakukan tindakan paling signifikan dengan nyaman. Desain interior bisa diibaratkan peralatan kantor seperti printer all-in-one yang memadukan 3 fungsi dalam satu kesatuan. Jadi, daripada Anda memiliki 3 perangkat berbeda, Anda hanya perlu memiliki satu yang melakukan semua yang Anda butuhkan.

Dengan pemikiran tersebut, interior fungsional berarti Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, area fungsional untuk menyetrika pakaian, setiap pintu dan kabinet terbuka dengan bebas dan Anda dapat berjalan di dalam rumah tanpa terhalang oleh barang-barang.

Anda dapat dengan nyaman melakukan tindakan rutin harian Anda. Misalnya, Anda dapat dengan mudah memasak untuk 5 orang, mencuci pakaian atau membaca buku baru. Interior fungsional memberi Anda ruang untuk bergerak bebas. Tentu saja, jika Anda memiliki rumah besar dengan ruang terbuka yang luas, interior fungsional dapat dengan mudah dicapai.

Membawa fungsionalitas ke nuansa rumah adalah seni dalam bentuknya yang murni. Namun, bukan tidak mungkin, Anda hanya membutuhkan beberapa saat untuk googling. Inilah alasan mengapa Modernisme Organik penting untuk mengembangkan rangkaian tip desain interior ini untuk sepenuhnya menghilangkan mitos dan kesalahpahaman.

Tips membuat interior Anda fungsional dan nyaman:

1.       Rutinitas dan tindakan harian

Sebaiknya Anda telaten untuk menuliskan rutinitas harian Anda untuk hari kerja dan akhir pekan. Tentukan semua tindakan yang Anda asumsikan akan dilakukan di dalam ruangan. Langkah mendasar ini yang tanpanya perencanaan desain lainnya tidak ada gunanya. Tujuannya adalah untuk menciptakan lebih banyak fungsi di satu area dan memaksimalkan ruang yang tersedia.

2.       Tata Letak

Membuat denah lantai adalah langkah penting yang perlu Anda lakukan. Denah lantai membantu Anda memperhatikan fitur tata letak. Misalnya, ubah letak kamar tidur Anda dan gabungkan dengan area baca. Ada kemungkinan tak terbatas untuk meningkatkan fungsionalitas interior Anda. Dan seringkali Anda hanya perlu memindahkan furnitur ke sana kemari namun tetap trendy dan tanpa investasi finansial tambahan.

Ruang permukaan

Banyak orang yang terobsesi dengan furnitur dan desain interior dan membuat kesalahan dengan ingin mendorong banyak furnitur ke dalam ruang terbatas, berjuang untuk fungsionalitas. Idenya justru sebaliknya, ruang bebaslah yang menentukan dan meningkatkan fungsionalitas interior. Gang-gang perlu dibersihkan, terutama di sekitar meja dan dapur, tempat orang biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya.

Karena kita berbicara tentang fungsionalitas, sistem penyimpanan adalah topik penting berikutnya. Lemari tinggi, lemari berlaci, lemari membantu kita menggunakan ketinggian maksimum ruangan dan secara signifikan membebaskan area permukaan dari kotak tambahan yang tidak perlu di lantai. Juga, lemari menyembunyikan barang-barang yang berantakan dan tumpukan dokumen yang harus Anda simpan dan bukan sesuatu untuk dipajang. Jadi, membeli furnitur dengan ruang penyimpanan tambahan membuat rumah Anda lebih fungsional.

Bagian atas meja rias bisa dihiasi dengan lampu meja, jam, lilin, patung, vas, tanaman, dll. Dinding juga bisa dihias dengan cermin, gambar, galeri foto dan rak. Ini membantu untuk membebaskan ruang lantai dari aksen ini dan menjadikannya sebagai elemen dekorasi yang tersembunyi sehingga Anda dapat bergerak bebas tetapi tetap senang melihatnya.

interior dapur fungsional dan nyaman

Pikirkan tentang tindakan dalam ruangan Anda

Sudahkah Anda menuliskan semua tindakan harian Anda? Sekarang saatnya untuk mensimulasikannya. Tutup mata Anda dan bayangkan Anda sedang memasak di dapur. Apakah ini makan malam untuk satu orang atau Anda mengundang tamu? Apa yang mereka lakukan? Apakah mereka menunggu Anda di meja makan atau mengobrol dengan Anda dan berdiri di dekatnya? Apakah ada cukup ruang antara permukaan kerja dan rak? Apakah Anda merasa nyaman berjalan-jalan dan memasak?

Bayangkan skenario lain. Anda sedang menonton film. Apakah Anda akan mengganggu orang lain yang tinggal bersama Anda? Atau apakah itu pertemuan? Dengan mengajukan dan menjawab jenis pertanyaan ini, Anda mengembangkan pemahaman tentang jenis furnitur apa yang Anda butuhkan untuk memenuhi fungsi tersebut.

3.       Komposisi

Komposisi memainkan peran utama dalam cara kita memandang ruang secara visual. Agaknya inilah mengapa para fotografer dan seniman berbicara banyak tentang komposisi dan pentingnya komposisi. Bahkan ada aturan untuk membuat komposisi yang tepat, tetapi demi kesederhanaan, kita dapat menyoroti aturan yang paling penting, keseimbangan. Interior fungsional menjaga keseimbangan antara semua perabot dan elemen dekorasi. Elemen furnitur atau dekorasi apa pun memiliki bobot visualnya sendiri.

Misalnya, lemari pakaian putih mulus secara visual terlihat lebih terang daripada kursi berlengan gelap. Dengan demikian, bahan furnitur dan dekorasi harus dipilih sesuai dengan prinsip keseimbangan.

Memilih furnitur yang bekerja secara harmonis dengan segala sesuatu di ruangan itu rumit. Terkadang, Apabila Anda membeli credenza di showroom yang dikelilingi oleh furnitur yang terlihat serasi dan bergaya. Namun, saat Anda membawa pulang credenza yang sama, tampilannya tidak sama. Bahkan menyempurnakan desain interior dan menciptakan lebih banyak tempat penyimpanan, komposisinya justru menjadi tidak seimbang.

Teknik sederhana dan umum untuk interior yang bergaya dan fungsional adalah dengan menggunakan furnitur bergerak, seperti meja samping tempat tidur, kursi berlengan, kursi berlengan, konsol dan berbagai dudukan. Barang-barang seperti itu bisa sangat berani dan cerah. Barang-barang seluler ini tidak akan merusak anggaran Anda, tetapi akan membantu menambah keunikan komposisi. Sedangkan untuk desain jendela tekstil, musim bekerja dengan baik. Di musim hangat dan panas, interiornya akan diringankan dan disegarkan oleh kain yang ringan dan lapang dengan warna yang sejuk dan menyegarkan dan di musim dingin, warna kain yang cerah dan panas akan menyenangkan mata.

4.       Kontras

Kontras adalah prinsip kerja para ahli desain interior, bahkan ketika warna interior didominasi warna terang. Detail kecil dapat menghemat hari: bahan finishing, tekstur kain, cat. Interior serba putih dengan tekstur dan finishing berbeda seperti cat matte putih, batu putih mengkilap, kain rajutan putih, bantal kulit putih. Perbedaan ini membantu interior terlihat berbeda secara visual dan membuatnya menarik dan bergaya. Ini disebut prinsip kontras. Hal yang sama berlaku di interior yang sepenuhnya hitam.

Jangan lupakan pencahayaan dan penggunaan teknik pencahayaan dekoratif untuk furnitur dan aksesori. Ini bisa berupa lampu yang menciptakan efek pencahayaan yang tidak biasa atau lampu karya seni modern yang menarik yang dapat meninggikan interior apa pun dan mengubahnya dengan indah. Kap lampu kaca, kristal, tekstil berupa lampu malam, lampu dinding, lampu lantai dan lampu meja akan membantu Anda mendekorasi interior, tanpa menghabiskan ruang fungsional Anda yang berharga.

KESIMPULAN

Ingat desain tidak akan ada tanpa fungsional, jadi tata letak yang dipikirkan dengan matang memecahkan banyak masalah. Rumah idaman Anda bukanlah ruang pamer, di mana furnitur hadir dengan tujuan tunggal untuk menyenangkan mata orang. Elemen furnitur dan dekorasi harus fungsional dan memberi Anda cukup ruang untuk melakukan tindakan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *