bahan atau material,  jendela

BAHAN ATAU MATERIAL JENDELA

BAHAN ATAU MATERIAL JENDELA YANG HARUS ANDA PAHAMI

Sebelum Anda memasang jendela baru di rumah Anda, Anda harus memilih bahan jendela yang tahan lama dan hemat energi. Cobalah untuk mencari bahan jendela yang sekaligus melengkapi desain rumah Anda dan meningkatkan daya tarik rumah Anda dan juga membantu Anda untuk mempertimbangkan seberapa baik tambahan baru ini dapat menahan kondisi iklim di daerah Anda. Dibawah ini adalah enam opsi bahan atau material jendela yang harus anda pahami:

  1. Fiberglass
material jendela dari fiberglass

Sebagai alternatif vinil yang tahan lama, fiberglass kurang rentan terhadap pemuaian, penyusutan dan pembengkokan dari suhu panas dan dingin. Ini juga hemat energi dan perawatannya rendah. Namun, daya tahan dan efisiensi energi harus dibayar mahal dan pilihan warna yang tersedia untuk jendela fiberglass lebih sedikit.

  1. Kayu
material jendela dari kayu

Jendela kayu melindungi ruangan Anda dari suhu yang keras dan kebisingan luar ruangan dengan sifat isolasi alami. Jendela kayu bisa lebih menarik secara visual daripada bahan lain dan jendela kayu pilihan populer bagi pemilik rumah dengan gaya tradisional. Kayu berkualitas tinggi memiliki tampilan yang elegan, tetapi Anda juga dapat mengecatnya dengan warna apa pun yang Anda inginkan. Namun, jendela kayu cenderung mahal dan Anda perlu merawatnya sesering mungkin karena sangat rentan terhadap kerusakan akibat pembusukan, sinar matahari dan kelembaban.

  1. Aluminium
material jendela dari aluminium

Meskipun aluminium memiliki harga yang hampir sama dengan vinil, namun lebih tahan lama. Karena ringan dan fleksibel, dapat menampung jendela dengan bentuk yang tidak biasa. Bahan ini lebih cocok untuk rumah di iklim tropis. Ini adalah isolator yang sangat buruk karena aluminium adalah konduktor panas dan dingin yang tinggi dan di musim dingin, aluminium rentan terhadap kerusakan kondensasi dan kelembaban.

  1. Kayu Aluminium Clad
material jendela dari kayu aluminium clad

Untuk meningkatkan daya tahan jendela kayu, pabrikan dapat menerapkan pelapis aluminium atau vinil pada eksteriornya. Aluminium clad tahan terhadap penyok dan populer di area yang sering terkena badai, sedangkan vinyl memiliki perawatan yang rendah dan dapat menahan kelembapan. Jendela kayu berbalut aluminium masih rentan terhadap kerusakan busuk dan kelembaban karena konstruksi utama jendela adalah kayu. Bahan-bahan ini menawarkan berbagai pilihan warna untuk memberikan tampilan unik pada rumah Anda.

  1. Vinyl
material jendela dari vinyl

Vinyl dapat melayani berbagai aplikasi. Ini memiliki peringkat kinerja termal yang baik untuk membantu Anda menghemat uang untuk biaya energi. Meskipun tersedia dalam beberapa warna pabrik selain putih standar, vinil juga mudah dicat. Ingatlah bahwa bahan vinil kelas bawah dan menengah dapat kehilangan kualitasnya di bawah sinar matahari yang ekstrem dan vinil berkualitas rendah dapat mengembang serta menyusut dalam perubahan suhu.

  1. Komposit
material jendela dari komposit

Bahan jendela ini mengandung campuran plastik dan kayu daur ulang. Meskipun jendela komposit terlihat seperti kayu, jendela komposit jauh lebih tahan lama dan dapat melindungi dari angin dan kebisingan. jendela komposit juga sangat mudah dirawat dan tahan terhadap kerusakan akibat kelembaban.

Perhatikan Stiker Peringkat Jendela

Setelah Anda mengetahui jenis bahan jendela yang Anda inginkan, Anda dapat membandingkan opsi untuk membantu Anda menghemat uang dan meningkatkan daya tarik trotoar Anda. Produk jendela memiliki label yang menjelaskan skor kinerjanya. Berikut adalah beberapa peringkat dan artinya:

  • Nilai-U atau faktor-U

Nilai-U jendela mengukur laju perpindahan panasnya atau seberapa baik ia dapat melindungi rumah dan mencegah keluarnya udara panas. Pada skala dari 0,20 hingga 1,20, peringkat yang lebih rendah berarti kinerja yang lebih baik dan penghematan lebih pada biaya energi. Pertimbangkan nilai-U yang tepat untuk mengakomodasi zona iklim.

Koefisien Perolehan Panas Matahari atau Solar heat gain coefficient (SHGC) menunjukkan kemampuan jendela untuk memblokir panas dari sinar matahari. Jumlahnya berkisar dari 0 hingga 1 dan peringkat yang lebih rendah memungkinkan lebih sedikit panas matahari masuk ke rumah Anda. Coba cari produk dengan SHGC rendah untuk bagian rumah yang menghadap ke timur atau barat dan menerima sinar matahari berlebih di siang hari. Anda mungkin menginginkan jendela dengan SHGC yang lebih tinggi untuk membuat rumah Anda lebih hangat di musim dingin.

  • Visible Transmittance (VT)

Untuk mengetahui seberapa baik jendela dapat menghantarkan cahaya matahari untuk memberikan penerangan bagi rumah Anda, lihat peringkat VT-nya. Angka yang lebih tinggi dari 0 hingga 1 berarti lebih banyak cahaya alami dapat masuk melalui kaca, sehingga mengurangi kebutuhan Anda akan pencahayaan buatan. Beberapa panel kaca hemat energi dapat memiliki VT yang lebih rendah karena biasanya menampilkan bahan yang lebih tebal yang menghalangi sinar matahari.

  • Kebocoran udara

Angka kebocoran udara atau Air leakage, diukur pada 0,3 atau kurang, memberi tahu Anda berapa banyak udara yang diizinkan masuk ke dalam rumah Anda. Peringkat yang lebih rendah berarti lebih sedikit udara yang masuk, menghasilkan peningkatan kenyamanan dan penghematan biaya energi.

  • Tekanan Desain

Tekanan Desain atau Design Pressure (DP) pada jendela menunjukkan seberapa besar kekuatan yang dapat ditahannya sebelum rusak. Angka yang lebih tinggi berarti produk yang lebih kokoh. Anda akan membutuhkannya dengan DP tinggi jika Anda tinggal di iklim dingin, angin kencang dan rawan badai.

  • Resistensi Kondensasi

Angka Resistensi Kondensasi atau Condensation Resistance memberi tahu Anda berapa banyak uap air yang dapat menumpuk di jendela. Peringkat tinggi pada skala dari 1 hingga 100 berarti kaca cenderung tidak mengalami kerusakan. Investasikan pada produk dengan peringkat ketahanan kondensasi yang lebih tinggi jika area lokal Anda mendapat banyak curah hujan dan kelembapan sepanjang tahun.

Selain angka-angka ini, pemasangan yang tepat memastikan penghematan yang lebih tinggi dan perlindungan yang lebih baik. Jendela hemat energi mungkin memiliki peringkat yang   sangat baik, tetapi dapat membiarkan udara dan kelembaban masuk jika tidak dipasang dengan benar. Belum lagi, jendela yang mungkin berkinerja sangat tinggi pada grafik saat diproduksi, tidak berarti jendela Anda akan tampil pada tingkat yang sama dari waktu ke waktu. Kualitas konstruksi, bahan yang digunakan dan sistem pengatur jarak untuk menahan gas akan mempengaruhi berapa lama jendela Anda akan bertahan.

Itulah beberapa opsi bahan atau material jendela yang harus anda pahami untuk menemukan satu yang memenuhi gaya desain selera Anda, diharapkan dapat memberi Anda banyak inspirasi. Semoga berbagai inspirasi di atas bermanfaat untuk anda yang ingin menikmati suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *