jendela

APA FUNGSI JENDELA

OPTIMALISASI FUNGSI JENDELA DALAM KESELURUHAN DESAIN INTERIOR RUMAH

Apabila Anda bertanya, apakah fungsi jendela? Jendela memainkan peran kunci dalam membuat rumah menjadi rumah. Jendela tidak hanya menambahkan cahaya dan ventilasi ke rumah, tetapi juga memungkinkan pemilik rumah untuk menikmati pemandangan indah properti mereka dan sekitarnya. Windows dapat mengatur panggung untuk desain interior, suasana hati, dan penampilan rumah. Berikut adalah 10 tips optimalisasi fungsi jendela dalam keseluruhan desain interior rumah:           

  1. Cahaya alami adalah sumber hidup sehat
fungsi jendela, cahaya alami adalah sumber hidup sehat

Manusia tidak berbeda dengan tumbuhan hijau. Ketika ditempatkan di ruangan yang terang alami mereka tumbuh dengan indah dan ketika disimpan dalam gelap mereka layu dan akhirnya akan mati. Cahaya alami adalah sumber bagi tubuh, pikiran, jiwa dan keterhubungan kita dengan alam bebas dan merupakan sumber utama untuk hidup sehat. Terlepas dari bagaimana tampilan jendela Anda, pastikan rumah Anda memiliki sumber cahaya alami di setiap ruangan, jika memungkinkan.

  1. Memilih jendela yang melengkapi ruangan
fungsi jendela, memilih jendela yang melengkapi ruangan

Jika Anda cukup beruntung untuk merencanakan desain rumah Anda dengan seorang arsitek atau kontraktor, pertimbangkan ruang yang akan digunakan untuk menempatkan jendela. Langit-langit yang tinggi dan ruangan yang luas dapat memanfaatkan jendela lantai yang jernih di atas tanah atau jendela bertingkat yang khas di atrium dan serambi bertingkat. Kamar yang lebih kecil masih dapat memanfaatkan sinar matahari yang berlimpah dan pemandangan dengan jendela yang memiliki ketinggian ambang yang lebih rendah ke lantai. Pilih gaya yang mempertimbangkan fitur terbaik kamar Anda.

  1. Membingkai tampilan sempurna di luar rumah Anda
fungsi jendela, membingkai tampilan sempurna di luar rumah Anda

Tidak ada yang lebih baik daripada bangun dengan pemandangan laut yang indah melalui jendela kaca dari lantai ke langit-langit atau menikmati lampu-lampu kota di bawah melalui jendela dinding tirai di loteng kota Anda. Jendela lebih dari sekedar bukaan di dinding, mereka membantu Anda menangkap alam bebas dan membawanya ke rumah Anda. Jika mendesain rumah Anda dari awal, tentukan tampilan sempurna apa yang ingin Anda tangkap terlebih dahulu dan kemudian pilih jendela yang akan mempercantiknya.

  1. Membuka tampilan langit-langit Anda dengan skylight
fungsi jendela, membuka tampilan langit-langit Anda dengan skylight

Cara luar biasa lainnya untuk memanfaatkan cahaya alami adalah melalui skylight. Langit-langit atau “dinding ke-5” selalu menjadi permukaan yang dilupakan oleh banyak pemilik rumah saat mendesain interior mereka. Skylight menawarkan privasi dan sumber cahaya alami ke ruangan yang biasanya tidak bisa karena kurangnya ruang untuk jendela di dinding eksterior. Skylight juga berfungsi sebagai fitur desain dan datang dalam varietas tetap dan dapat dioperasikan dan Anda dapat memasang perawatan jendela di atasnya untuk kontrol cahaya.

  1. Pertimbangkan berbagai opasitas untuk kebutuhan privasi Anda
fungsi jendela, pertimbangkan berbagai opasitas untuk kebutuhan privasi

Apakah Anda memiliki ruangan di rumah Anda di mana Anda ingin memiliki cahaya alami yang masuk tetapi Anda juga membutuhkan privasi? Kamar mandi adalah contoh utama di mana privasi adalah prioritas tetapi membawa cahaya juga. Pertimbangkan berbagai tingkat opacity untuk gaya jendela Anda. Kaca transparan dapat Anda lihat langsung, sedangkan kaca tembus pandang umum di jendela blok kaca di kamar mandi. Pemandangannya kabur tapi cahaya alami masih bisa masuk. Ada banyak produsen jendela yang menawarkan berbagai jendela untuk privasi dan spesifikasi desain Anda.

  1. Jendela Clerestory membiarkan cahaya masuk tetapi meninggalkan ruang dinding yang berharga gratis
Jendela Clerestory membiarkan cahaya masuk tetapi meninggalkan ruang dinding yang berharga gratis

Di banyak rumah, ruang dinding sangat mahal. Apakah Anda seorang kolektor seni dan suka memajang karya seni dinding atau Anda lebih suka privasi di dinding eksterior tertentu, jendela clerestory adalah solusi sempurna. Jendela Clerestory terletak tinggi dari tingkat lantai akhir, biasanya dekat dengan garis atap untuk tetap memungkinkan cahaya alami masuk tetapi membebaskan ruang dinding yang berharga. Mereka juga digunakan sebagai fitur desain oleh arsitek untuk memberikan tampilan garis atap seperti mengambang di atas struktur dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi.

  1. Rancang jendela Anda di sekitar orientasi properti Anda
rancang jendela Anda di sekitar orientasi properti

Jika Anda berada dalam tahap perencanaan rumah Anda, pertimbangkan lokasi geografis rumah Anda dan bagaimana rumah Anda akan terletak di properti Anda sesuai dengan matahari. Arsitek dan kontraktor sama-sama akan memberi tahu Anda untuk konsentrasi di properti saat memilih fitur desain rumah Anda. Anda mungkin tidak ingin meletakkan dinding jendela kaca di kamar tidur di mana matahari pagi membangunkan Anda jika Anda bangun terlambat! Demikian pula, perhatikan perubahan iklim dan perubahan musim di area Anda untuk memaksimalkan perubahan suhu panas dan dingin saat memilih jendela yang tepat.

  1. Gunakan berbagai bentuk dan ukuran jendela untuk kepentingan visual
gunakan berbagai bentuk dan ukuran jendela untuk kepentingan visual

Tidak ada aturan desain khusus dalam memilih bentuk dan ukuran jendela dan karena itu biarkan sisi desain Anda keluar saat memilih yang sempurna. Banyak arsitek suka bermain dengan rongga dan ruang padat di dinding dan menempatkan jendela dalam konfigurasi menarik yang menarik mata serta memanfaatkan pemandangan yang indah. Dari varietas bujursangkar dan lengkung hingga jendela berbentuk khusus, lihat produsen jendela untuk melihat semua opsi yang tersedia untuk Anda.

  1. Lihat ke kaca surya untuk menghemat energi dan perabotan Anda
kaca surya untuk menghemat energi dan perabotan

Pertimbangan lain ketika memilih jendela adalah berapa banyak panas yang masuk dan hilang melalui kaca atau jendela Anda yang ditransmisikan. Beberapa produsen jendela menjual kaca surya atau jendela yang mencegah sinar Ultraviolet atau UV yang lebih berbahaya menembus ke dalam rumah Anda. Kita sudah mengetahui potensi efek berbahaya dari sinar UV saat berada di luar ruangan, tetapi cahayanya juga dapat memudarkan furnitur dan finishing Anda.

  1. Gunakan dinding jendela Anda sebagai “karya seni” untuk interior Anda
dinding jendela sebagai karya seni untuk interior

Tidak ada karya seni dinding yang lebih baik dari alam. Saat memilih warna dan sentuhan akhir untuk kamar Anda, lihat pemandangan luar untuk mendapatkan inspirasi. Dapur yang menghadap ke taman yang indah melalui jendela bingkai foto mungkin tidak membutuhkan banyak warna untuk bersaing dengan pemandangan yang indah. Windows dapat membantu Anda menemukan kembali interior Anda dengan menggunakan tampilan sebagai inspirasi.

Itulah tips optimalisasi fungsi jendela dalam keseluruhan desain interior rumah, diharapkan dapat memberi Anda banyak inspirasi. Semoga berbagai inspirasi di atas bermanfaat untuk anda yang ingin menikmati suasana kamar tidur yang nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *