Uncategorized

CAT INTERIOR RUMAH MINIMALIS 2016

INILAH WARNA CAT RUMAH MINIMALIS YANG PALING NGETREND DI TAHUN 2016

Siapa yang tidak mengenal warna cat rumah minimalis yang dominan, warna rumah minimalis yang masih menjadi gaya arsitektur terpopuler saat ini memang selalu identik dengan warna putih. Tren warna cat interior rumah minimalis 2016 menampilkan kontras yang mencolok antara warna yang “ada” dan yang “tidak ada”, serta campuran apa saja yang ada di antaranya. Artinya, di satu sisi Anda ingin kembali ke prinsip cat warna rumah minimalis yang mengutamakan kesederhanaan  yaitu desain yang  sederhana, jujur dan minimalis, dan di sisi lain Anda menginginkan desain rumah yang terlihat lebih menarik, menonjol dan tentu saja elegan.

cat warna rumah minimalis

Inilah warna cat rumah minimalis yang paling ngetrend di tahun 2016, tetap mempertahankan prinsip utama arsitektur minimalis tanpa mengorbankan gaya dan kepribadian Anda sendiri.

  1. Warna netral yang lembut

Tidak ada yang salah dengan warna putih. Anda akan takjub melihat begitu banyak varian warna putih di pasaran. Jika sulit memilih warna cat rumah minimalis, padukan warna putih dengan warna netral yang akan memudahkan Anda dalam memilih kombinasi warna cat rumah minimalis lainnya. Beberapa hal yang dapat Anda pilih adalah krem, abu-abu, krem dan sebagainya.

Desain rumah minimalis sederhana di bawah ini menggunakan perpaduan warna putih dan abu-abu serta ditonjolkan dengan aksen gril dan pagar warna cat hitam.

cat warna rumah minimalis, warna netral yang lembut
  1. Skema warna monokromatik

Skema palet warna monokromatik akan tetap menjadi Tren warna cat interior rumah minimalis 2016. Artinya, Anda akan melihat lebih banyak rumah yang menggunakan paduan warna cat yang sama. Namun, kurangnya kontras dan aksen pada sebagian besar warna cat rumah minimalis akan mendorong desainer untuk memilih perpaduan warna yang lebih eksperimental dan berani.

Terkait dengan elemen desain minimalis lainnya, skema monokromatik mengambil alih dominasi visual desain agar lebih menarik dan mudah dipahami. Artinya, skema warna monokromatik dapat menonjolkan aksen, daripada bersaing untuk menarik perhatian. Warna-warna cerah sangat menarik dan mencolok. Artinya, memasukkan berbagai warna berani bisa membuat kekacauan pada desain rumah Anda. Namun, skema warna monokromatik dapat mengatasi dilema ini.

Skema warna monokromatik dari shade, tone dan tint akan menghasilkan spektrum dengan berbagai pilihan kombinasi warna cat rumah minimalis untuk setiap bagian desain rumah Anda. Lihat saja rumah di bawah ini yang menggunakan skema warna monokromatik dengan warna dasar coklat.

cat warna rumah minimalis, skema warna monokromatik
  1. Warnanya dingin atau hangat

Jika Anda mengecat dinding dengan warna-warna sejuk (hijau, biru, ungu atau abu-abu), padukan dengan varian warna putih yang juga terkesan lebih sejuk (cool white).

cat warna rumah minimalis, warna dingin atau hangat

Begitu pula jika Anda memilih cat rumah minimalis yang lebih hangat (merah, coklat, oranye, kuning atau peach), pilihlah varian warna putih yang memiliki sedikit kehangatan (warm white).

Pemilihan tone warna di sini akan lebih berpengaruh bila diaplikasikan sebagai cat warna interior, dibandingkan eksterior rumah, karena Anda akan lebih lama tinggal di dalamnya dan langsung merasakan dampaknya. Disarankan untuk memilih cat warna bagian dalam yang sejuk jika Anda membangun rumah di daerah yang panas dan sebaliknya, pilihlah cat warna bagian dalam yang hangat jika Anda membangun rumah di tempat yang cuacanya dingin.

cat warna rumah minimalis, warna dingin atau hangat
  1. Pengaplikasian warna kontras

Pemahaman banyak orang tentang desain rumah minimalis adalah tampilan yang terkesan familiar dan dianggap basi. Namun, penambahan kontras dapat mencegah hal ini, meskipun itu hanya pilihan estetika. Contoh desain di bawah ini menggunakan warna abu-abu gelap dan oranye yang kontras dengan latar belakang warna kuning lembut untuk membentuk pola yang mencolok secara visual.

cat warna rumah minimalis, pengaplikasian warna kontras
  1. Putih & tekstur
cat warna rumah minimalis, putih dan tekstur

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tren warna cat interior rumah minimalis 2016 juga akan menonjolkan tekstur sebagai aksen yang kontras dengan warna cat putih. Apabila Anda tidak suka terlalu banyak warna, gunakan solusi kreatif ini untuk membuat desain yang eye-catching, namun tetap mengedepankan prinsip desain minimalis yang sederhana namun elegan.

  1. Paduan dan tekstur cerah

Meski teksturnya selalu populer dengan background netral, namun dengan paduan yang tepat, Tren warna cat interior rumah minimalis 2016 akan menggunakan tekstur yang dipadukan dengan warna cerah untuk hasil yang mencolok dan sangat memikat.

Desain di bawah ini menggunakan warna cat putih yang dipadukan dengan kuning cerah dan tekstur yang dihasilkan dari elemen arsitektur seperti jendela, tiang, kisi-kisi dan sebagainya.

cat warna rumah minimalis, paduan tekstur dan cerah
  1. Sedikit aksen

Jika Anda ingin mempertahankan prinsip bahwa putih adalah kesederhanaan dan minimalis, tetapi ingin menambahkan elemen baru yang tidak terlihat dominan, gunakan aksen dengan warna yang mencolok. Pada desain rumah ini, warna merah menjadi pilihan untuk menonjolkan aksen.

cat warna rumah minimalis, tambahkan sedikit aksen

Itulah tips warna cat rumah minimalis yang paling ngetrend di tahun 2016, diharapkan dapat memberi Anda banyak inspirasi. Semoga berbagai inspirasi di atas bermanfaat untuk anda yang ingin menikmati suasana hunian nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *