lukisan dinding

TIPS MUDAH MEMBUAT GAMBAR LUKISAN DINDING PADA SEBUAH RUANGAN

Lukisan desain di dinding adalah cara yang bagus untuk membuat ruang Anda terlihat lebih berwarna dan unik. Ini bisa sesederhana melukis tangan beberapa desain hingga menggunakan stensil. Artikel ini akan menunjukkan beberapa cara jiplak gambar di tembok atau cara melukis desain ke dinding Anda.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan

Tips mudah membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, cara jiplak gambar di tembok menggunakan Stensil:

  1. Kumpulkan persediaan Anda.

Stensil adalah cara yang bagus untuk menambahkan desain sederhana atau kompleks ke dinding. Anda bahkan dapat kembali ke stensil dengan warna kedua untuk menambahkan bayangan. Namun, pastikan untuk memberi diri Anda banyak waktu untuk proyek ini, karena stensil bisa memakan waktu cukup lama. Berikut barang atau peralatan yang diperlukan:

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan
  • Stensil dinding
  • Pita pelukis atau perekat semprot yang dapat diposisikan ulang
  • Rol busa atau sikat stensil berkualitas baik
  • Cat akrilik atau cat dinding
  • Panci cat atau palet cat
  • Kertas tisu
  1. Posisikan stensil Anda.

Anda dapat menempatkannya di mana saja Anda inginkan. Jika Anda ingin menutupi seluruh dinding Anda dengan desain, Anda dapat memulai dengan menempatkannya di sudut kiri atas dinding Anda atau tepat di tengah dinding Anda. Setelah Anda tahu di mana Anda ingin stensil Anda, jiplak sudutnya dengan pensil. Anda juga dapat membuat garis tepi dengan selotip pelukis.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, posisikan stensil

Pertimbangkan untuk menggunakan alat level untuk memastikan stensil Anda lurus. Itu terlihat seperti penggaris logam atau plastik, dengan tabung pendek berisi cairan di tengahnya. Gelembung udara di dalam tabung bergerak saat Anda memiringkannya.

  1. Tempelkan stensil ke dinding.

Anda dapat melakukannya dengan menempelkannya ke dinding di sepanjang tepinya dengan selotip pelukis. Anda juga dapat menyemprot bagian belakang dengan perekat semprot yang dapat diposisikan ulang, tunggu hingga perekat menempel, lalu tekan stensil ke dinding.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, menuangkan sedikit air

Pertimbangkan untuk menutup tepinya dengan beberapa baris selotip, terutama jika desain pada stensil Anda dekat dengan tepi. Pita pelukis akan mencegah Anda secara tidak sengaja melewati tepi stensil dan mengecat dinding secara tidak sengaja.

  1. Tuang sedikit cat.

Cat akrilik akan bagus untuk area kecil, tetapi jika Anda akan membuat stensil seluruh dinding, Anda mungkin ingin mempertimbangkan beberapa cat dinding sebagai gantinya. Pilih hasil akhir yang sesuai dengan warna asli dinding Anda, mengkilap, satin, kulit telur, matte, dll. Jangan menuangkan terlalu banyak cat sekaligus, atau cat akan mengering sebelum Anda dapat menggunakan semuanya. Dengan cara ini, Anda tidak akan membuang-buang cat.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, celupkan kuas

Jika Anda menggunakan roller busa, tuangkan cat ke dalam panci cat. Rol busa sangat bagus untuk menutupi stensil besar dan area yang luas.

Jika Anda menggunakan kuas stensil, tuangkan cat ke palet cat. Sikat stensil sangat bagus untuk menutupi stensil kecil. Mereka juga bagus untuk desain dengan banyak warna.

  1. Celupkan rol cat atau kuas stensil Anda ke dalam cat dan tepuk kelebihannya ke atas tisu lipat.

Anda tidak ingin menerapkan terlalu banyak cat sekaligus, atau Anda mungkin akan meneteskan cat. Cat juga bisa bocor di bawah stensil dan membuat bercak. Karena itu, jauh lebih baik untuk menerapkan banyak lapisan cat tipis daripada satu lapisan tebal.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, mengoleskan cat

Jika Anda bekerja dengan sikat stensil, Anda dapat menempelkan beberapa handuk kertas terlipat ke dinding di sebelah pekerjaan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memegang palet di satu tangan dan kuas di tangan lainnya. Semuanya akan dekat. Pastikan handuk kertas Anda dilipat cukup tebal sehingga cat tidak merembes melaluinya dan ke dinding.

  1. Mulailah mengoleskan cat ke stensil Anda.

Oleskan cat menggunakan tekanan ringan hingga sedang. Anda tidak ingin menekan terlalu keras dengan kuas atau rol busa, atau Anda akan memeras cat dan membuat gumpalan. Bekerja dengan satu warna pada satu waktu dan gunakan rol atau kuas cat baru saat Anda melakukannya.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, mengoleskan cat

Jika Anda menggunakan rol busa, cukup gulung ke depan dan ke belakang dengan ringan di sepanjang pensil.

Jika Anda menggunakan kuas stensil, ketuk perlahan kuas di atas stensil.

  1. Oleskan lapisan sebanyak yang Anda butuhkan sampai Anda mendapatkan tampilan yang Anda inginkan.

Pada titik tertentu, Anda mungkin perlu memuat ulang roller atau kuas dengan lebih banyak cat. Lakukan ini hanya jika rol atau kuas Anda benar-benar kehabisan cat. Setiap kali Anda mencelupkan rol atau kuas ke dalam cat, pastikan untuk mengelap sisa cat di atas tisu.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, melepaskan stensil

Jika Anda tidak sengaja mengecat bagian luar stensil, bersihkan cat menggunakan tisu basah atau tisu bayi.

Pertimbangkan untuk menambahkan beberapa bayangan ke desain Anda menggunakan sikat stensil. Gunakan warna yang sedikit lebih gelap untuk melakukan ini, bukan hitam lurus. Ini akan terlihat lebih realistis. Tempat yang bagus untuk menggunakan bayangan adalah di sekitar tepi atau ujung desain Anda.

  1. Lepaskan stensil setelah Anda selesai dan lakukan sentuhan yang diperlukan.

Jika ada cat yang menempel di bawah stensil dan menempel di dinding, gunakan Q-tip yang lembap untuk membersihkan sisa cat. Jika ada celah di sepanjang tepi desain Anda, gunakan kuas tipis dan cat tambahan untuk mengisi celah tersebut.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, memeriksa stensil bawah

Jika Anda melukis desain, seperti cabang dengan bunga dan daun, stensil Anda mungkin meninggalkan beberapa celah di antara bentuk yang berbeda. Anda dapat mengisi celah tersebut dengan menggunakan kuas tipis dan cat ekstra untuk tampilan lukisan tangan yang lebih autentik.

  1. Periksa bagian bawah stensil apakah ada cat yang bocor sebelum digunakan kembali.

Jika Anda berencana untuk menggunakan kembali stensil, periksa kembali di bawahnya. Jika ada cat di bawah stensil, Anda mungkin akan memindahkan cat itu ke dinding. Jika Anda melihat ada cat yang bocor, bersihkan dengan menggunakan tisu basah.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, posisikan tepat stensil
  1. Tetap stensil dinding Anda sampai Anda mendapatkan efek yang Anda inginkan.

Jika Anda menempelkan stensil menggunakan selotip, tarik potongan lama dan gunakan yang baru. Jika Anda menggunakan perekat semprot yang dapat diposisikan ulang, Anda mungkin perlu menyemprot kembali bagian belakangnya sebelum Anda menekan stensil ke bawah lagi.

membuat gambar lukisan dinding pada sebuah ruangan, membiarkan cat kering
  1. Biarkan cat benar-benar kering sebelum menghapus bekas pensil.

Lihat label pada kaleng atau botol cat Anda. Hanya karena sesuatu yang kering saat disentuh tidak berarti itu benar-benar kering. Sebagian besar cat akrilik akan mengering dalam 20 menit, sementara beberapa mungkin memerlukan waktu hingga dua jam. Cat dinding lateks akan membutuhkan waktu pengeringan dan pengawetan yang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *